Mengapa Terjadi Banjir?

Bila musim hujan tiba, umumnya penduduk maupun pemerintah di beberapa daerah menjadi khawatir, mengapa ? Karena seiring musim hujan, maka banjir pun akan datang. Apa sebenarnya yang menyebabkan setiap musim hujan tiba selalu terjadi banjir? 

Banjir sering terjadi sebagian besar dikarenakan oleh tangan-tangan manusia juga, diantaranya karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan ke dalam saluran air (selokan) dan sungai yang menyebabkan selokan dan sungai menjadi dangkal sehingga aliran air terhambat dan menjadi tergenang.

Yang kedua, dikarenakan tidak adanya saluran air di beberapa jalan raya, sehingga air yang tidak mengalir dan hanya menggenang dijalan lama kelamaan akan menghancurkan aspal jalan. 


Mengapa Terjadi Banjir?



Selain dua faktor sebelumnya, faktor lainnya karena tanah sudah tidak mampu menampung dan menyerap air lagi disebabkan ulah penebang-penebang pohon di hutan yang tidak menerapkan sistem reboisasi (penanaman pohon kembali) pada lahan yang gundul, sehingga daerah resapan air sudah sangat sedikit. Faktor alam lainnya adalah karena curah hujan yang tinggi sehingga tanah tidak mampu meresap air.

Bahaya Banjir 

Di berbagai media cetak (koran) maupun media elektronik (TV, radio, internet) banyak diberitakan musibah banjir yang menimpa saudara kita diberbagai daerah Indonesia maupun diluar negara Indonesia. Banjir tersebut menghanyutkan dan menenggelamkan rumah, harta benda bahkan jiwa manusia. Banjir besar yang sering terjadi dengan tiba-tiba tersebut di sebut dengan banjir bandang. 

Apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir ? 
  1. Membuang sampah pada tempatnya, tidak disembarang tempat. 
  2. Bekerja bakti dalam waktu yang rutin, misalnya 1 bulan sekali untuk membersihkan selokan (got), kali maupun sungai di daerah sekitar kita.
  3. Digalakkannya kembali Sistem Reboisasi, baik di hutan maupun daerah taman kota oleh pemerintah dan masyarakat. 
  4. Adanya penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya banjir dan hal-hal yang berkaitan dengan banjir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Terjadi Banjir?"

Post a Comment